7 jenis kambing yang paling banyak diminati di Indonesia

Jenis kambing di dunia ini memang terbilang cukup banyak. Tetapi kebanyakan dari masyarakat belum mengetahuinya, ternyata menurut pengetahuan saya, ada 40 jenis kambing yang ada di dunia ini. Dari keseluruhan itu yang akan kita bahas adalah jenis kambing yang paling banyak diminati di negara Indonesia. Eits, tetapi sebelum masuk pembahasan, saya sampaikan berikut ini. Jual kambing ekor gemuk untuk aqiqah dan qurban juga cocok untuk bisnis, hubungi 087719043651

Jenis kambing maupun domba di Indonesia, selain jumlahnya semakin meningkat, juga dari segi jenis sangat beragam. Dengan semakin banyaknya ( kuantitas ) dan semakin mampunya ( kualitas ) peternak melakukan penyilangan sendiri. Maka saat ini sebenarnya sangat sulit menentukan jenis kambing atau domba. Namun demikian disini saya akan menguraikan secara singkat jenis jenis kambing yang ada di Indonesia yang paling diminati oleh kebanyakan orang.

Berikut ini beberapa jenis kambing yang popular di budayakan di Indonesia.

a. kambing kacang

Hasil gambar untuk kambing kacang

Kambing kacang merupakan jenis kambing local yang paling banyak di buidayakan di Indonesia. Tubuh kambing kacang terbilang mungil dibandingkan jenis kambing yang lainya. Kambing jenis ini mempunyai daya adaptasi yang tinggi terhadap kondisi alam setempat serta memiliki daya produksi yang tinggi juga. Karena sifatnya yang tahan banting dan daya produksi yang cukup tinggi, dan juga tidak memerlukan perawatan yang ribet, kambing kacang banyak dibudidayakan secara subsistem atau sampingan. Kambing jenis ini baik jantan maupun betina sangat cocok untuk pedaging.

Ciri ciri kambing kacang

  1. Memiliki tubuh kecil, kepala ringan dan kecil
  2. Posisi telinga tegak, bulu lurus dan pendek
  3. Umumnya memiliki bulu warna putih, coklat, hitam, atau kombinasi dari ketiganya
  4. Kambing jantan maupun betina memiliki tanduk yang pendek
  5. Berat kambing jantan dewasa bias mencapai 30 kg, sedangkan betina bias mencapai 25 kg
  6. Mempunyai bulu yang pendek pada tubuhnya, kecuali pada ekor dan dagu.

 

b. Kambing etawa atau kambing jamnapari

Hasil gambar untuk kambing etawa

Kambing jenis ini merupakan kambing jenis unggul yang bisa diternakkan sebagai kambing penghasil susu maupun sebagai kambing penghasil daging. Namun, kebanyakan masyarakat masih keliru ketika menyebut kambing etawa, biasaya yang dimaksud etawa oleh masyarakat adalah kambing Peranakan etawa ( PE ). Sebenarnya kambing etawa sendiri adalah kambing jamnapari yang berasal dari daerah etawah, india. Jenis kambing jamnapari ini memiliki perawakan yang cukup bongsor. Tinggi kambing jantan berkisar antara 90 cm hingga 127 cm, dan yang betina hanya mencapai 92 cm.

bobot kambing jamnapari jantan dapat mencapai 91 kg, sedangkan yang betina hanya dapat mencapai 63 kg. telinganya panjang dan terkulai kebawah, dahi dan hidungnya cembung. Baik jantan maupun betina kedua duanya memiliki tanduk yang pendek. Kambing jenis ini bisa menghasilkan 3 liter setiap harinya.

c. Kambing boerawa

Hasil gambar untuk kambing boerawa

Kambing boerawa ini merupakan kambing hasil persilangan dari kambing boer jantan dan kambing etawa betina. Kambing boerawa saat ini telah berkembang biak dan menjadi salah satu komoditi ternak unggulan di berbagai provinsi di Indonesia. Postur tubuh kambing jenis ini cukup tinggi dan relative besar. Pertambahan berat badan dapat mencapai 100 sampai 150 gram perhari dan mencapai berat potong sekitar 30 sampai 40 kg pada umur 12 bulan. Persentase karkas cukup tinggi yaitu 48 – 50 %.

Ciri ciri kambing boerawa mudah dikenali. Badanya lebar dan panjang, dengan kaki yang pendek. Warna bulu dominan putih, pada bagian kepala berwarna coklat muda hingga coklat. Hidungnya cembung, telinganya panjang dan terkulai kebawah.

Kambing Domba

d. domba batur banjarnegara

Hasil gambar untuk domba batur banjarnegara

domba batur sebenarnya domba hasil persilangan dari domba local yaitu ekor tipis dan domba Suffolk serta domba texel.

Ciri ciri domba batur

  1. tubuhnya besar dan panjang
  2. kaki cenderung pendek dan kuat
  3. domba jantan dan betina tidak memiliki tanduk
  4. kulit relative lebih tipis dibandingkan dengan domba garut, kibas, atau gembel, namun bulunya tebal.
  5. Warna bulu dominan lebih putih dan menutupi seluruh tubuh sampai bagian muka domba

Domba batur ini memang sangat istimewa motok dan gemuk. Proporsi dagingnya tinggi, dagingnya lebih empuk dan lemaknya lebih tinggi. Cocok untuk sate.

Jika kalian susah untuk mencari kambing jenis ini bisa hubungi no telpon / whatsapp : 0877 1904 3651

e. Domba garut ( domba priangan )

Hasil gambar untuk domba garut

Jenis domba ini merupakan hasil persilangan segi tiga antara domba local ( ekor tipis ), domba ekor gemuk atau kibas, dan domba merino. Saat ini domba priangan sudah berkembang di pulau jawa khususnya dan di Indonesia pada umumnya. Domba jenis ini dipelihara selain sebagai domba potong juga sebagai domba aduan.

Ciri ciri kambing domba garut

  1. Bertubuh besar dan kuat
  2. Domba priangan jantan memiliki tanduk yang kuat dan besar melengkung ke belakang, berbentuk spiral, pangkal tanduk kanan dan kiri hampir menyatu. Sedangkan domba betina tidak memiliki tanduk
  3. Berat domba jantan kisaran antara 40 sampai 80 kg, sedangkan betina dapat mencapai 30 sampai 40 kg.

f. Domba texel wonosobo

Hasil gambar untuk domba texel wonosobo

Domba jenis ini dapat ditemui di daerah wonosobo dan banjarnegara. Domba jenis ini berasal dari texel di negara belanda yang didatangkan di Indonesia pada tahun 1954 dan 1955. Hewan ini memiliki keunggulan dalam produksi daging dan bulu, akan tetapi di Indonesia baru dimanfaatkan dagingnya saja.

 

domba texel termasuk ternak unggulan yang cepat berkembang biak. Dapat beranak sekali pada umur 15 bulan dan selanjutnya dapat melahirkan setiap delapan bulan. Domba texel mempunyai genetic yang dominan. Domba jenis ini telah banyak memberikan kontribusi genetic terhadap domba domba local melalui proses kawin silang. Menghasilkan domba domba yang potensial sebagai domba penghasil daging. Domba jenis ini juga cocok untuk sate, qurban, atau aqiqahan.

g. kambing ekor kecil atau kambing gembel.

Hasil gambar untuk kambing gembel

Di negri kita ini terdapat beberapa jenis domba yang sering kita lihat, salah satunya adalah jenis domba ekor tipis atau juga sering disebut kambng gembel. Disebut gembel karena bulunya yang semrawut, gimbal, serta Nampak kotor bila jarang dibersihkan. Jenis kambing ini adalah asli yang berasal dari Indonesia. Di daerah saya sendiri banyak yang nenernakanya, bahkan jumlah lebih dominan daripada jenis kambing yang lainya. Keunggulan dari kambing ini dapat beranak kembar 2 sampai 5 ekor sekali melahirkan.

Ciri ciri kambing gembel

  1. Berat jantan sekitar 30 sampai 40 kg, sedangkan berat betina dapat mencapai 15 sampai 20 kg
  2. Bulu wolnya gembel, berwarna putih, kebanyakan warna hitam terdapat disekeliling mata, hidung, dan beberapa bagian tubuh yang lain.
  3. Ukuran telinga medium kebanyakan posisi menggantung
  4. Domba jantan memiliki jtanduk yang melingkar, sedangkan betina pada umumnya tidak memiliki tanduk

Demikian informasi tentang jenis kambing yang paling banyak peminatnya di Indonesia. Semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semuanya.

Jika kalian ingin informasi yang lebih lengkap silahkan hubungi no telpon / wa : 0877 1904 3651

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *